Efisiensi Kompor Bioetanol Mencapai 54 Persen


Sumber : Harian Republika 15 Agustus 2008

SURABAYA — Efisiensi kompor bioetanol mencapai 54 persen, hal ini terbukti lebih efisien jika dibanding kompor kerosin atau minyak tanah yang hanya 49 persen, kata Ketua Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITS, Prof I Nyoman Sutantra. Menurut dia di Surabaya, Jumat, pihaknya telah menugaskan tim Pusat Studi Energi dan Rekayasa LPPM ITS untuk mengkaji bioetanol dan kompornya. “Ada tiga kajian utama yang dilakukan sehubungan dengan energi alternatif tersebut, yakni kajian tentang budidaya dan varian bahan baku bioetanol, proses pembuatan etanol, dan desain kompor”, katanya.

Dari pengkajian sample bioetanol BE40 di laboratorium Jurusan Kimia ITS, didapatkan hasil bahwa kalor BE40 adalah 5270 kKal/kilogram. Sedangkan jika dibandingkan dengan kalor kerosin, BE 40 ini hanya sekitar separuhnya. “Kalor kerosin mencapai 10322 kKal/kilogram”, katanya mengungkapkan.

Sementara dari hasil pengkajian kedua adalah titik nyala (flash point) yakni titik nyala BE 40 adalah 150 derajat Celcius, dan titik nyala kerosin 48 derajat celcius. “Karateristik titik nyala etanol sekitar 14 derajat celcius. Jadi BE 40 ini lebih sulit menyala”, katanya.

Selain itu, dari pengkajian ini didapatkan hasil kandungan air dalam BE 40 ini mendapai sembilan persen. Sehingga, kandungan etanolnya sekitar 91 persen. Hasil pengujian praktis ini menunjukkan waktu nyala per liter etanol adalah enam jam. Sedangkan per liter kerosin hanya dua jam. Namun, nilai kalor besar kecilnya api bergantung pada faktor-faktor lain yang belum dikaji.

Seperti misalnya sumbu kompor, hingga geometric lubang apinya. Pembakaran kompor sempurna ditandai dengan nyala api yang berwarna biru. Jika pembakarannya tidak sempurna, maka warna apinya tidak bisa biru.
Selain melakukan pengkajian ini, kedepan ITS akan membuat studi fisibilitas tentang kompor bioetanol ini baik dari segi teknik maupun ekonomis. ant/k

()

3 Balasan ke Efisiensi Kompor Bioetanol Mencapai 54 Persen

  1. ifan mengatakan:

    Dimanakah saya dapat membeli kompor bioetanol? Soalnya saya juga membutuhkan untuk tugas sekolah..Apakah kompor tersebut sudah beredar d pasaran?

  2. bagus mengatakan:

    kayaknya sudah. untuk daerah surabaya coba hubungi ibi Sri Nartika ( dosen ITS )

  3. podie mengatakan:

    coba hubungi LPUM Probolinggo, soal bioethanol kami jagonya ! (0335)428084

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: